Jejak Khilafah di Nusantara

Kalo kita melihat sejarah, pemerintahan Islam dipergilirkan oleh Alloh dari satu kelompok ke kelompok lainya. Dari satu bangsa ke bangsa lainnya. Dimulai dari pemerintahan Islam yang dipimpin langsung oleh Baginda Rosululloh Muhammad (sholallohu alaihi wassalam) lalu pada Khulafa’ur Rosyiddin, lalu pada Bani Umawiyah, Bani Abasiyyah, hingga terakhir pada Khilafah Turki Ustmani atau yang dikenal oleh orang barat dengan sebutan Ottoman.

Itulah Khilafah, kepemimpinan tunggal kaum Muslimin di seluruh dunia dimana Umat Islam berjuang untuk dibelakangnya untuk mendukungnya. sebagaimana sabda Baginda Rosul Muhammad (sholalllohu alaihi wassalam):

إنَّمَا الْإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَيُتَّقَى بِهِ، فَإِنْ أَمَرَ بِتَقْوَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَعَدَلَ كَانَ لَهُ بِذَلِكَ أَجْرٌ، وَإِنْ يَأْمُرْ بِغَيْرِهِ كَانَ عَلَيْهِ مِنْهُ
“Sesungguhnya al-imam (khalifah) itu (laksana) perisai, dimana (orang-orang) akan berperang di belakangnya (mendukung) dan berlindung (dari musuh) dengan (kekuasaan)nya. Jika seorang imam (Khalifah) memerintahkan supaya takwa kepada Allah ’azza wajalla dan berlaku adil, maka dia (khalifah) mendapatkan pahala karenanya, dan jika dia memerintahkan selain itu, maka ia akan mendapatkan siksa.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, An-Nasa’i, Abu Dawud, Ahmad)

Begitu juga kesultanan-kesultan di nusantara, pada masa lalu mereka adalah bagian dari dunia Islam dibawah naungan Khilafah. Khilafah Channel sedang menggarap sebuah film tentang jejak khilafah di Nusantara.

Alhamdulillah, film “Jejak Khilafah di Nusantara” telah rilis tanggal 1 Muharram 1442 H kemarin. walaupun sempat mendapatkan berbagai hambatan dan terjadi pro dan kontra dari beberapa pihak.
Alhamdulillah, kami bisa mendapatkan filenya dan bisa menampilkanya di website ini.


Kami tidak ada niat apa-apa selain menyajikan cerita sejarah Islam yang (insyaAlloh) berguna bagi kaum Muslimin di Indonesia. Kalo terjadi perbedaan pendapat antara apa yang disampaikan di film ini dengan beberapa sejarahwan Muslim di Indonesia, itu adalah hal yang wajar dan tidak perlu diperdebatkan. Terima kasih banyak pada Tuan Guru Santri Bahlul yang telah berbagi. semoga jadi amal kebaikan untuk beliau. Jazakallohu khairon khatsiron.

Selamat menyaksikan dan semoga bermanfaat

(4340)

Category: Uncategorized
About The Author
- "Perjuangan Milik Kita, Kemenangan Milik Allah"

3 Comments

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>